Warnai Malam Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Desa Kalisumur Ramaikan Jalanan dengan Pawai Obor

  • Jul 20, 2023
  • Desa Kalisumur
  • KEGIATAN

Selasa (18/07/2023), Pada malam yang penuh keberkahan dan kehangatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Karang Taruna Desa Kalisumur merayakan momen spesial dengan sebuah pawai obor yang mengesankan. Acara ini telah menjadi tradisi Desa Kalisumur selama 5 tahun berturut-turut yang dinantikan oleh seluruh warga desa dan menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan tahun baru Islam setiap tahunnya.

Kegiatan pawai obor ini dimulai pada ba'da Isya, masyarakat berkumpul di depan Masjid Jami' Al Munawaroh dan diberangkatkan sampai finish di Madin Al-Falah Margadadi. Jalanan desa dihiasi dengan gemerlap cahaya obor yang memancarkan kehangatan dan semangat Islami. Tidak hanya remaja dan anak-anak, orang tua pun tak mau ketinggalan membawa obor dengan semangat kebersamaan yang membara. Lantunan sholawat dan qasidah berkumandang dari kelompok hadroh Desa Kalisumur yang menemani langkah mereka, menciptakan suasana yang meriah dan menyentuh hati.

Kegiatan pawai obor ini juga disertai dengan acara formal dan nonformal seperti sambutandari tokoh-tokoh masyarakat setempat, pembacaan ayat suci Al Qur'an, tausiyah, dan doa bersama. Kemudian ada pula acara hiburan dari mahasiuswa KKN Unsoed 2023 yang membawakan Tari Canting Banyumas, Hadroh, Qasidah dan games untuk warga Desa Kalisumur. Momen ini menjadi sarana bagi warga untuk saling bermaaf-maafan dan berdoa bersama untuk kebahagiaan dan kemakmuran bersama.

Dengan gemerlap obor yang menghiasi langit malam, kegiatan pawai obor tahun baru Islam 1445 Hijriah di Desa Kalisumur berhasil menciptakan momen indah yang mengingatkan kita tentang pentingnya bersyukur, saling menyayangi, dan berbagi kebahagiaan dalam setiap langkah perjalanan hidup kita. Semoga semangat Islami yang menyala dalam pawai obor ini terus terpancar dan menerangi jalan bagi seluruh warga desa untuk masa yang akan datang.