#KalisumurHariIni episode : PENANAMAN CABAI TIM KKN UNSOED X KWT DESA KALISUMUR

  • Jul 23, 2024
  • Desa Kalisumur

Halooo teman-teman pembaca, kembali lagi di tulisan seputar program kerja KKN Universitas Jenderal Soedirman di Desa Kalisumur, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes atau kita sebut saja #KalisumurHariIni.

Kali ini, kita akan membahas tentang satu proker unggulan bidang lingkungan yang telah sukses dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2024 yaitu persiapan media tanam dan penyemaian bibit cabai di Green House yang terletak di sebelah utara Poli Kesehatan Desa. Kegiatan ini diinisiasi oleh Ninda dan Revaldi yang merupakan penanggungjawab bidang lingkungan dan difasilitasi juga oleh Bu Solikhah selaku ketua Kelompok Wanita Tani (KWT). Jumlah anggota KWT yang hadir pada hari itu cukup ramai yaitu lebih dari 10 orang. Rangkaian kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB diawali dengan pembukaan oleh Ninda dan dilanjutkan dengan sosialisasi dan pencampuran media tanam berupa tanah, kompos, dan sekam padi. dengan perbandingan 50 : 25 : 25. 

Proses pencampuran media tanam melibatkan seluruh mahasiswa KKN dan anggota KWT yang juga dibersamai dengan penyiangan rumput liar dan pembuangan hama pada lokasi penanaman. Setelah lokasi tanam siap, media tanam dituang ke platter bag sebanyak sekitar 60 buah. Bibit yang berhasil ditanam juga sesuai dengan jumlah platter bag yang tersedia. Proses penamanan dilakukan secara bersama-sama antara mahasiswa KKN dan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT). 

Alhamdulillah, kegiatan persiapan media tanam dan penyemaian bibit cabai berhasil dilaksanakan dengan lancar tanpa ada hambatan berarti. Kegiatan selanjutnya yaitu pemantauan dan pemberian pupuk akan dilakukan secara rutin sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat dengan melibatkan pihak Kelompok Wanita Tani (KWT). 

Berikut merupakan dokumentasi yang diambil pada hari kegiatan berlangsung. Demikian #KalisumurHariIni sesi ini, sampai jumpa di lain kesempatan!

 

instagram : @kkn_desakalisumur 

email : kkndesakalisumur@gmail.com