#KalisumurHariIni episode : POSBINDU & POSYANDU LANSIA

  • Jul 23, 2024
  • Desa Kalisumur

Hai teman-teman readers, balik lagi di sesi #KalisumurHariIni.

Kali ini kita mau bahas salah satu proker di bidang kesehatan lagi nih. Jadi, pada hari Senin tanggal 15 Juli 2024 lalu, tim KKN UNSOED telah melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu pendampingan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) dan Pos Pelayanan Terpadu Lansia (POSYANDU Lansia) di Poli Kesehatan Desa (Polindes) Desa Kalisumur. Sebelumnya, perlu dijelasin dulu mungkin yaa, apa sih posbindu dan posyandu lansia itu.

Nah, jadi Posbindu dan Posyandu lansia merupakan salah satu bentuk upaya pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan berbagai kegiatan preventif di dalamnya. Posbindu menyasar masyarakat usia 15 tahun ke atas dengan bentuk pelayanan berupa edukasi, penyuluhan ataupun sosialisasi penyakit menular (PM) dan penyakit tidak menular (PTM). Sementara posyandu lansia menyasar kepada masyarakat lanjut usia atau di atas 60 tahun (Kemenkes, 2019). Kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan setiap bulan meliputi senam, pemeriksaan kesehatan, dan penyuluhan. Desa Kalisumur telah memberikan pelayanan kesehatan yang mencangkup pendataan dan pengecekan kesehatan bersama tim Puskesmas Kaliwadas.

Acara dimulai dengan pengisian daftar hadir, lalu dilanjutkan dengan penyuluhan penyakit tidak menular berupa diabetes mellitus dan hipertensi oleh Aya dan Aisyah. Penyuluhan berjalan dengan lancar, materi yang diberikan juga dikemas dalam bentuk leaflet dan dibagikan kepada peserta penyuluhan yang hadir. Materi berupa pengertian, pencegahan, tanda-tanda, faktor risiko, dan penanggulangan penyakit tidak menular. Kemudian, acara dilanjutkan  dengan senam lansia yang dipimpin langsung oleh instruktur dari Puskesmas Kaliwadas. Peserta sangat aktif dan semangat dalam mengikuti arahan.

Setelah senam, peserta lalu melakukan pengecekan kesehatan rutin berupa penimbangan BB, pengukutan TB, pengukuran lingkar pinggang, dan pengecekan gula darah. Terdapat sekitar 40 lansia yang mengikuti pemeriksaan ini. Mahasiswa KKN terlibat aktif dalam setiap rangkaian acara dan membantu dari awal hingga akhir.

Berikut merupakan dokumentasi yang diambil ketika acara berlangsung. Sampai jumpa di tulisan berikutnya yaaa^^

 

instagram : @kkn_desakalisumur

email : kkndesakalisumur@gmail.com