Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) di Desa Kalisumur

Bertepatan dengan kegiatan Posyandu di Desa Kalisumur pada bulan Oktober, Petugas kesehatan dari Puskesmas bekerjasama dengan tim PKK Desa Kalisumur menyelenggarakan kegiatan Bulan Eliminasi Kaki Gajah ( BELKAGA). Kegiatan ini diadakan di 2 tempat yaitu di Dk. Krajan dan Dk. Margadadi.

Kegiatan minum obat ini diberikan kepada warga mulai dari usia 2 samapi 70 tahun, diminum  sekali setahun selama minimal lima tahun berturut-turut. Adapun dosisnya untuk usia 2-5 tahun adalah 1 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole; usia 6-14 tahun mendapat 2 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole; dan bagi yang berusia di atas 14 tahun mendapat 3 tablet DEC dan 1 tablet Albendazole.

Pemberian obat pencegah penyakit gajah mempunyai manfaat ganda, yaitu selain dapat mematikan atau memandulkan cacing filaria dewasa, juga dapat mematikan cacing perut seperti cacing gelang, cacing tambang, cacing cambuk dan cacing kremi. Dengan demikian, orang yang minum obat pencegah penyakit kaki gajah memperoleh dua manfaat sekaligus, yakni melindungi dirinya dari risiko terkena penyakit kaki gajah dan kecacingan.

Foto kegiatan:

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan